[VPS Series] JENIS-JENIS HOSTING – Cara Install Mysql Server di VPS

0
18

JENIS-JENIS HOSTING dan Cara Install Mysql Server di VPS
==
VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server. VPS adalah sebuah tipe server yang menggunakan teknologi virtualisasi untuk membagi hardware server fisik menjadi beberapa server virtual yang di hosting di infrastruktur fisik yang sama.

Jenis-Jenis Hosting
Shared hosting adalah sebuah servis hosting murah untuk pemula. Hosting jenis ini menawarkan satu sistem operasi (misalnya Linux) yang menjalankan distro tertentu (misalnya Centos) dan memiliki konfigurasi software standar yang akan digunakan mayoritas klien (contohnya Apache, Litespeed, cPanel, MySQL, PHP).

Shared hosting memiliki biaya rendah dan menawarkan web hosting dengan lingkungan yang sudah sesuai standar dan kebanyakan akan sesuai dengan kebutuhan para klien. Jika Anda menggunakan hosting ini, hanya ada celah sedikit bagi pengguna untuk melakukan kustomisasi atau menjalankan aplikasi yang tidak biasanya dijalankan di website yang menggunakan shared hosting.

Shared hosting juga memiliki beberapa keuntungan, yaitu:
– Biaya rendah
– Kinerja yang sesuai standard
– Alat-alat dan konfigurasi dengan spek tinggi
– Konfigurasi yang sudah distandarisasi
– Keperluan administrasi klien yang rendah

Dedicated Servers
Dedicated Server, seperti namanya, adalah server fisik yang didedikasikan sepenuhnya untuk satu klien. Tidak ada situs atau aplikasi lain yang bisa dihosting di satu server yang sama.

Ini berarti bahwa klien mendapatkan penggunaan eksklusif dari semua sumber daya utama server, yaitu CPU, RAM dan HDD. Klien dapat menginstal pilihan sistem operasi mereka (misalnya Linux, Windows) dan Distro pilihan mereka (mis., Ubuntu, CentOS).

VPS
VPS bisa dibilang sebagai titik tengah antara shared dan dedicated server. Dengan VPS, pelanggan bisa menggunakan server yang berfungsi mirip dedicated dengan harga hampir semurah shared.

Setiap VPS mampu menjalankan sistem operasi penuh dan dapat direboot secara terpisah walaupun diinstall di komputer yang sama dengan virtual machine lain. Setiap virtual machine memiliki fungsi yang sama dengan komputer sungguhan sehingga privasi setiap klien akan terjaga. Singkatnya, kebanyakan fitur VPS bisa dimasukkan ke fitur shared dan dedicated walaupun sebagai opsi paling murah.

Virtualisasi server juga membantu dalam konsolidasi server yang nantinya menyebabkan optimisasi biaya. Biaya VPS di data center juga bisa ditekan dengan mengurangi infrastruktur fisik sehingga tidak begitu peralatan listrik, real estate, dan HVAC. Manajemen dan perawatannya juga bisa diserahkan ke pihak penyedia sehingga pelanggan tidak perlu kerepotan mengurus server mereka.

Beberapa kelebihan VPS di atas diharapkan bisa menjadi bahan pertimbangan untuk para pelanggan yang ingin mencari layanan web hosting yang mempunyai kinerja bagus dan juga biaya murah.

Multi Server – Cloud Server
Konfigurasi VPS Multi Server (Cloud) menghindari kemungkinan masalah yang dapat muncul jika hanya menggunakan server tunggal VPS dengan menggabungkan sumber daya beberapa server. Kapasitas pemrosesan dan penyimpanan data dari semua server dalam konfigurasi cloud menawarkan infrastruktur yang benar-benar rapih.

Konfigurasi VPS jenis ini lebih kompleks untuk disiapkan daripada opsi VPS server tunggal, namun juga menawarkan keuntungan bagi perusahaan hosting dan klien mereka:

– Ketersediaan data yang tinggi – data disimpan di beberapa server terpisah
– High uptime
– Tidak ada downtime untuk upgrade
– Migrasi langsung
– Menawarkan jenis disk yang berbeda (contoh SAS dan SSD)
– Instant provisioning (menit yang dibutuhkan untuk VPS vs jam untuk dedicated server)
Sumber :

source

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here